8710094025599684302

Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,06 Persen pada 2024 

siberwan | 21 views

May 16, 2024

ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Aditya Pratama)
ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times – Head of Macroeconomic & Financial Market Research Bank Mandiri Dian Ayu Yustina memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi RI tahun ini sebesar 5,06 persen (year on year/yoy).

Proyeksi ini meningkat dibandingkan proyeksi Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 5 persen (yoy) dan realisasi laju ekonomi tahun lalu sebesar 5,05 persen (yoy).

“Ekonomi masih bisa tumbuh sehat tahun 2024 ini di 5,06 persen,” kata Dian, dikutip Rabu (15/5/2024).

1. Ekonomi RI tahun ini diprediksi tetap berdaya tahan

Ia menjelaskan, ada sejumlah berkaitan dengan risiko geopolitik dan konflik di Timur Tengah yang masih meningkat. Kondisi ini pun harus terus diwaspadai semua pihak 

Kendati begitu, Dian mengatakan, ekonomi di 2024 diperkirakan masih cukup resilien menghadapi gejolak global. Hal ini seiring dengan berakhirnya rangkaian tahapan Pemilihan Presiden (Pilpres), yang akan mendorong keyakinan pelaku ekonomi untuk melakukan ekspansi.

“Tentunya kita melihat ini masih berjaga-jaga dengan kondisi tantangan geopolitik yang terjadi saat ini,” kata Dian.

2. Rupiah bakal menguat di akhir tahun jika the Fed turunkan suku bunga

Dengan akan dimulainya tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) diyakininya akan memberikan tambahan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi khususnya sisi konsumsi.

Sementara itu, tantangan yang sedang dihadapi oleh RI ada di pasar keuangan, terutama terkait volatilitas nilai tukar rupiah. Namun, pihaknya memandang rupiah berpotensi menguat di akhir tahun bila the Fed menurunkan suku bunga acuannya.

“Tapi kita masih lihat ada potensi penguatan di akhir tahun kalau the Fed menurunkan suku bunganya di semester II atau menuju akhir tahun. Jadi ini akan tergantung pada perkembangan data terutama di ekonomi AS dan juga geopolitik, apalagi ada faktor Pemilu AS di akhir tahun,” jelas Dian. 

3. Di tengah gejolak global, ekonomi RI tetap kuat

Sementara itu, untuk pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2024 diprediksi ada potensi perlambatan seiring berakhirnya momentum Pemilu dan Ramadan.

Pada kesempatan yang sama, Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Andry Asmoro mengatakan, risiko geopolitik semakin meningkat dengan eskalasi konflik yang terjadi di Timur Tengah dan mendorong kenaikan harga minyak serta memicu volatilitas pasar keuangan global.

Kemudian sisi nilai tukar rupiah melemah hingga sempat mencapai posisi Rp16.260 per dolar AS menjadi yang terlemah sejak tahun 2020. Alhasil, Bank Indonesia pada RDG April 2024 pun harus menaikkan suku bunga acuan BI Rate sebesar 25 bps mencapai 6,25 persen untuk menjaga stabilitas pasar keuangan domestik.

“Namun demikian, di tengah meningkatnya risiko geopolitik global yang terjadi, kinerja ekonomi Indonesia masih stabil,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Idntimes.com dengan judul “Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,06 Persen pada 2024 “.

Klik untuk baca: https://www.idntimes.com/business/economy/triyan-pangastuti/bank-mandiri-proyeksi-ekonomi-indonesia-tumbuh-5-06-persen-pada-2024.

Post Views : 21 views

Posted in

Berita Lainnya

Baca Juga

Pembangunan Dermaga di GWD, DPRD Banyuwangi Apresiasi Langkah Pemkab

Banyuwangi – Ketua DPRD Banyuwangi sementara, I…

iOS 17.5 Resmi Rilis, Akan ada Fitur Sideloading

Follow IDN Times untuk mendapatkan informasi terkini….

Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,06 Persen pada 2024 

Jakarta, IDN Times – Head of Macroeconomic…

DPRD Banyuwangi: Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan Tunggu Pimpinan Definitif

Banyuwangi – DPRD Banyuwangi saat ini masih…

Masyarakat Banyuwangi Mengeluh Kelangkaan Elpiji 3 Kg, DPRD Ambil Sikap

Banyuwangi – Pimpinan DPRD Banyuwangi Michael Edy…

Pos Populer

Pengunjung

Pengunjung Hari Ini: 79

Kunjungan Hari Ini:  80

Total Pengunjung: 2606

Total Kunjungan: 3110

Pengunjung Online: 11