8710094025599684302

Bawaslu Banyuwangi Petakan Kerawanan Pilkada 2024 untuk Cegah Pelanggaran

siberwan | 14 views

Aug 19, 2024

Sosialisasi Bawaslu Banyuwangi 2024

Siberwangi.com – Bawaslu Banyuwangi menggelar Sosialisasi Pemetaan Kerawanan Pemilihan untuk mencegah potensi pelanggaran dalam tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Sosialisasi ini diadakan pada Minggu (18/8/2024) di el Hotel Royale Banyuwangi dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan daerah.

Ketua Bawaslu Banyuwangi, Andrianus Yansen Pale, atau yang akrab disapa Ansel, menekankan bahwa setiap tahapan Pilkada memiliki potensi kerawanan tersendiri.

“Tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang akan dimulai dalam waktu dekat berisiko terjadi pelanggaran, seperti pendaftaran di detik-detik terakhir dan pengerahan massa pendukung,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, memerlukan kewaspadaan tinggi dari seluruh elemen terkait. Dalam tahapan kampanye, potensi kerawanan lainnya juga sudah dipetakan oleh Bawaslu bersama dengan para stakeholder.

Bawaslu mendeteksi kemungkinan kampanye hitam, penyebaran berita hoaks, dan ujaran kebencian yang dapat memicu konflik di masyarakat.

“Kita perlu bekerja sama agar Pilkada di Banyuwangi berjalan tertib, kondusif, dan mampu melahirkan pemimpin yang sesuai dengan aspirasi masyarakat,” kata Ansel.

Dalam acara ini, beberapa narasumber turut memaparkan materi, di antaranya Khomisa Kurnia Indra dari Bawaslu Banyuwangi, Agus Mulyono yang menjabat Plt Kepala Kesbangpol, Achmad Faruk Hidayat dari BPBD Banyuwangi, dan Kompol Andrew Vega, Kasatreskrim Polresta Banyuwangi. Mereka masing-masing membahas potensi kerawanan dari perspektif instansi mereka.

Diharapkan melalui sosialisasi dan pemetaan kerawanan ini, Pilkada Serentak 2024 di Banyuwangi dapat berlangsung lebih aman dan transparan tanpa konflik yang merugikan masyarakat luas

Ansel mengajak wartawan dan media lokal untuk berperan aktif dalam menyebarkan informasi yang positif dan edukatif terkait tahapan pemilu. Ia berharap media dapat menjadi ujung tombak dalam melawan hoaks dan ujaran kebencian.

Post Views : 14 views

Posted in

Berita Lainnya

Baca Juga

Google Kenalkan Project Astra, Proyek AI yang Futuristik!

Google baru saja melaksanakan event Google I/O…

DPRD Banyuwangi Optimis Revitalisasi Pasar Tingkatkan Minat Belanja dan PAD

Banyuwangi – Ketua Komisi III DPRD Banyuwangi,…

DPRD Banyuwangi: Bullying di Sekolah Harus Dicegah

Banyuwangi – Kasus perundungan yang diduga menimpa…

DPRD Banyuwangi Ajak Pemerintah dan Masyarakat Dukung Raperda Pancasila

Banyuwangi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)…

Pos Populer

Pengunjung

Pengunjung Hari Ini: 79

Kunjungan Hari Ini:  80

Total Pengunjung: 2514

Total Kunjungan: 3018

Pengunjung Online: 26